Sekitar 30% permukaan bumi dibentangi oleh hutan yang mana menjadi sumber kebutuhan pokok bagi hampir semua mahluk hidup. Tanpa adanya hutan, mahluk hidup tidak lagi tercukupi kebutuhannya akan oksigen, dua pertiga spesies darat kehilangan rumahnya, dan kebutuhan manusia akan bahan pokok kayu akan hilang. Dengan sangat berartinya hutan bagi mahluk hidup, terutama manusia, sudahkah kita lebih peduli? Nyatanya, sudah lebih dari 80% hutan asli di bumi telah hancur. Tidak jarang pula kita lihat di media tentang rusaknya hutan karena ulah tangan manusia. Apakah itu yang bisa dibalas oleh manusia setelah semua kebutuhannya tercukupi dari hutan?
Karena mirisnya hal tersebut, pada tanggal 21 Maret kemarin, kami dari BEM FMIPA UI 2018 yang digeraki oleh Departemen Sosial dan Lingkungan, membuat sebuah kegiatan sebagai bentuk untuk memperingati Hari Hutan Sedunia. Kegiatan ini sesederhana membuat sebuah booth dengan tema hutan dan beberapa aktivitas yang sudah kami siapkan sebelumnya. Semua aktivitas yang kami lakukan di booth bersangkutan dengan hutan. Persiapan yang dibutuhkan untuk kegiatan ini dimulai dari merencanakannya sejak awal Maret, dan mulai pengeksekusian seminggu sebelum hari H. Meski dapat terbilang mepet, tetapi hasil akhir dari booth kami cukup sesuai ekspektasi.

Beberapa pengunjung yang mendatangi booth kami.

Booth kami dibuka pagi hari pukul 8. Setiap orang yang melintas dan sengaja melipir di booth kami, akan disambut dengan sambutan “Selamat Hari Hutan Sedunia!”. Di booth, kami menyediakan permainan roulette, papan putar berisi pilihan, yang mana pilihannya adalah antara hadiah, riddle, atau coba lagi. Pengunjung yang beruntung menghentikan papan roulette di hadiah akan langsung mendapatkan gelas cantik dari kami. Jika papan roulette berhenti di riddle, pengunjung bisa memecahkan misteri dari riddle-riddle yang kami sediakan. Selain itu, kami juga menyediakan banyak fakta-fakta dan berita menarik seputar hutan, baik dalam skala UI, Indonesia, dan Internasional. Kami bersedia menjelaskan dan menjawab pertanyaan seputar fakta-fakta tersebut. Jika sudah puas memecahkan misteri riddle dan membaca berita tentang hutan, pengunjung bisa bermain permainan tali. Permainan ini bisa dilakukan oleh dua orang yang terikat oleh tali dan harus saling memisahkan diri. Setiap yang berhasil memecahkan misteri riddle, berhasil memainkan permainan tali, atau beruntung memutar roulette di tulisan hadiah, kami menyediakan hadiah-hadiah menarik bagi pengunjung. Meski hari itu agak sedikit berangin, tapi para pengunjung terlihat senang setelah melakukan aktivitas-aktivitas di booth kami.

Aktivitas-aktivitas di booth.
Meski sederhana, kami berharap kegiatan ini bermanfaat dan setiap pengunjung yang datang menjadi senang, dan kami juga berharap kesadaran mahasiswa untuk menjaga hutan menjadi lebih meningkat. Menjaga kelestarian hutan berarti menjaga kehidupan mahluk hidup untuk bertahun-tahun ke depan, terutama untuk anak cucu kita. Masihkah hutan menjadi jantung bumi mu?