Info AcaraUncategorized

Notulensi NGOBAT (Ngobrol Bareng Dekanat)

By May 7, 2016 One Comment

Hai Warga MIPA!

Pada hari Kamis, tanggal 14 April 2016, telah dilaksanakan acara NGOBAT (Ngobrol Bareng Dekanat) yang bertempat di ruang B.101 FMIPA UI, Depok. Berikut notulensinya :

Hal-hal yang menjadi fokus untuk dimajukan:
• Prestasi
• Peningkatan mutu akademik
• Student exchange

Sesi Tanya Jawab – Kloter 1
1. Ajos (Geosains 2015): Ada SP atau tidak?
2. Felix Andrean (Geofisika 2015): Apakah benar biaya SP akan dinaikkan menjadi Rp500.000,00?
3. Rio (Geografi): Bagaimana dukungan pihak dekanat dalam Konferensi Siaga Internasional yang akan diadakan Geografi pada 2017?
Jawaban mengenai SP:
Perlu diingat bahwa SP bersifat optional dan bukan wajib.
Beberapa alasan mengapa SP tidak perlu diadakan:
• Awal Juli tidak efektif jika dipakai untuk perkuliahan
• Waktunya sangat pendek karena libur Idul Fitri
• Mengambil waktu dosen untuk melakukan penelitian dan membuat laporan penelitian
• Mengambil waktu libur dosen
• Honor yang didapat kurang memadai dibanding tugasnya
• Dosen merasa selalu dikejar-kejar waktu semester pendek
• Mahasiswa sudah membayar dan menganggap seolah-olah pasti lulus
• Mahasiswa kurang serius dan tidak fokus
Pihak fakultas ingin menaikkan biaya SP menjadi Rp450.000,00-Rp500.000,00 untuk menyejahterakan dosen dengan menaikkan honornya.
Solusi untuk Mahasiswa Geosains:
Kepala Prodi melakukan negosiasi agar SP Matematika Dasar 2 diadakan (Matematika Dasar 2 merupakan syarat untuk Fisika Matematika (FisMat) pada semester 3 di Geofisika). Solusi dari Pak Bakrie, yaitu agar mengambil mata kuliah Matdas 2 dahulu, FisMat Dapat diambil di semester selanjutnya, atau dapat mengambil keduanya, karena FisMat merupakan aplikasi dari Matdas. Kemudian hal tersebut, akan dbicarakan dengan Kepala Prodi agar dapat disesuaikan dengan mahasiswa.
Jawaban mengenai Konferensi SEAGA:
MIPA berkomitmen memberikan bantuan uang muka sesuai kemampuan. DIKTI juga terbuka untuk memberikan dana jika memberikan proposal dari sekarang, kegiatan apapun yang menonjolkan prestasi tetap akan didukung sesuai kemampuan MIPA. Karena ini konferensi tingkat tinggi, agar pihak departemen yang mengurus masalah dana dan hal lainnya. Mahasiswa agar tunjukkan komitmen dan kesiapan diri saja.
Hapuskan SP dan buang mindset untuk cepat lulus selama 3.5 tahun – Ridla Bakrie

Sesi Tanya Jawab – Kloter 2
1. Said (Kimia 2013): Mengenai rumor biaya sp naik menjadi Rp500.000,00, Pak Ridla menanggapi “Anda ingin sp anda bayar, anda tidak ingin, ya gausah ikut”. Menurut saya jawaban seperti itu tidak memberikan jawaban yang memuaskan pihak penanya. Apakah ada cara lain agar inflasi dll tidak menyebabkan pada kenaikan biaya pendidikan yang ujung-ujungnya dibebankan kepada mahasiswa? Apakah upgrade fasilitas di MIPA sebanding dengan kenaikan biaya pendidikan? Apa saja goal yang ingin dicapai ventura MIPA?
2. Puje (Kimia 2013): Fasilitas di Lapangan MIPA khususnya gawang dan ring basket sudah bengkok dan bobrok. Lantai lapangan juga sudah perlu dicat ulang karena sudah terasa licin bila dipakai bermain. Apakah MIPA hanya memberikan fasilitasnya saja dan tidak melakukan perawatannya?
3. Reyhan (Fisika 2013): Apakah mahasiswa masih dapat menggunakan ruangan B101? SOP Peminjaman Ruangan B101? Berapa biaya peminjaman ruangan pada hari Sabtu dan Minggu? Mengapa perlu dikenakan biaya?
4. Zulfi (Kimia 2013): Bila pengadaan SP hanya ditujukan untuk membantu mahasiswa yang perlu mengulang matkul supaya lulus tepat waktu, bagaimana pendapat Bapak?
Jawaban mengenai SP:
Hal-hal yang mengganjal pengadaan SP adalah kesediaan pengajar dan kesejahteraan dosen. Bila ingin diadakan SP, cari dosen yang bersedia mengajar SP serta tunjukkan keseriusan dan komitmen mahasiswa, ingat bahwa SP bukan mencari nilai, tapi mencari ilmu. Jangan juga pasang mindset bahwa karena membayar, ikut SP pasti lulus. Hormati dosen, fokus saat di kelas. Sejauh ini Pak Bakrie merasa tidak ada bantuan dari mahasiswa. Pengadaan SP juga bukan tergantung dari Pak Bakrie, beliau hanya mengoordinir. Keputusan SP akan dibicarakan lebih lanjut dengan Kepala Program Studi dan Kepala Departemen. Akan diusahakan pula biayanya ditekan menjadi dibawah Rp450.000,00.
Jawaban mengenai fasilitas di lapangan:
Anggaran yang diberikan universitas terbatas, maka perbaikan untuk fasilitas (dalam hal ini lapangan) terbatas pula. Tahun lalu, ada alokasi anggaran untuk pengecatan lapangan, bidang seni dll, namun tidak ada yang mengajukan proposal untuk memakai dananya, sehingga dana tidak terpakai, dan menjadi masalah yang harus ditangani pihak keuangan dekanat. Karena itu, tahun ini semua dana kemahasiswaan diblok menjadi satu. Bila mahasiswa memang membutuhkan dana untuk kegiatan kemahasiswaan dan perbaikan fasilitas, ajukan saja proposal ke dekanat.
Jawaban mengenai peminjaman B101:
Bukan tidak boleh dipakai, tapi mahasiswa harus menujukkan komitmen dan kerjasama untuk menjaga kebersihan dan fasilitas ruangan. Pak Bakrie berkata “Contohnya tembok di BSM catnya sudah terkelupas, padahal baru saja dilakukan pengecatan” Beliau juga sudah keliling kelas untuk menghimbau bahwa tembok yang baru dicat jangan sampai terkena noda sepatu, namun beberapa tembok di beberapa ruangan pada Gedung B sudah kotor. Bila ada kerusakan fasilitas lagi, pihak fakultas tak akan memberi negosiasi lagi. Mahasiswa juga harus bisa menjaga kebersihan dan kelayakan fasilitas bila sudah diperbaiki oleh pihak fakultas. “Jangan kami betul-betulin, kalian rusak-rusakin,” tutur Pak Bakrie.
Syarat Peminjaman Ruangan B101:
– Berkomitmen untuk menjaga kebersihan dan kelayakan fasilitas di ruangan.
– Jumlah massa harus lebih dari 100 orang, berhubung kapasitas B101 300 orang. Bila jumlah massa tidak mencapai batas minimal, sebaiknya gunakan saja BSM atau COE Pertamina.
– Datanglah dengan baik-baik dan bernegosiasilah dengan sopan, jangan datang layaknya preman.
– Bila ingin menempel sesuatu pada tembok, jangan langsung ditempelkan di temboknya, tapi gunakanlah triplek agar tidak merusak tembok (berlaku juga untuk semua ruangan).
Akan dibuatkan SOP lebih lanjut mengenai peminjaman ruangan.
Jawaban mengenai peminjaman ruangan pada hari Sabtu dan Minggu:
Pihak fakultas sudah memberikan subsidi untuk peminjaman ruangan pada hari Senin sampai Jumat, dengan batas waktu hingga pukul 20.00. Pada hari Sabtu, pihak fakultas harus membayar jasa cleaning service hingga keamanan dengan tarif berbeda. Hari Minggu pun begitu, malah dengan tarif yang lebih mahal. Oleh karena itu, sebaiknya hindari peminjaman ruangan pada hari Sabtu dan Minggu. Pak Bakrie juga menambahkan, jangan mau tertipu dengan alumni yang mengatasnamakan mahasiswa dalam peminjaman ruangan untuk kepentingan tertentu.
Berapa tarif pasti peminjaman ruangan di hari Sabtu dan Minggu?
Untuk biaya pasti peminjaman ruangan pada hari Sabtu dan Minggu, dapat ditanyakan kepada Bu Nurmidas Bagian Keuangan. Karena SK mengenai tarif lembur karyawan pada hari Sabtu dan Minggu ada di beliau.
Mengapa peminjaman ruangan pada hari Sabtu dan Minggu dikenakan biaya?
Pemungutan biaya untuk peminjaman ruangan di hari Sabtu dan Minggu dilakukan untuk membayar honor karyawan yang lembur pada hari-hari tersebut.

Pertanyaan Terakhir
Iqbal :
– Q: Mahasiswa membutuhkan lebih banyak stop kontak, kecepatan koneksi WiFi juga menurun.
– A: WiFi sedang akan diupgrade menjadi 10 Giga. Stop kontak masih dipikirkan lebih lanjut karena di beberapa tempat terkena tampias air hujan dan sangat berbahaya.
– Q: Ada saran untuk membuat canopy yang bisa melindungi teman-teman yang tidak punya payung agar bisa jalan dari MIPA sampai ke Halte MIPA.
– A: Saran ditampung dulu, Insha Allah diusahakan secara bertahap.
– Q: Kapan MII direnovasi?
– A: Bukan UI yang membangun MII, tapi Pak Mafhul yang menggalang dana dari iuran dosen dll. Untuk perbaikan MII dan kantin masih dalam proses karena masalah dana yang masih dicarikan. Masalah renovasi bangunan juga tidak mudah, karena harus dengan izin dari pihak universitas. Rencananya akan dibuat gedung terpadu untuk MII, Kantin, dan Ruang BEM dan BPM, namun dana subsidi dari pihak Pertamina masih macet.
– Q: Ada beberapa departemen yang mengadakan kelas hingga pukul 18.30, apakah dapat diadakan perpanjangan waktu penggunaan toilet dan jam malam MIPA?
– A: Akan dipertimbangkan memperpanjang penggunaan toilet hingga pukul 19.00, karena untuk saat ini yang menjaga toilet hanya ada hingga pukul 18.00. Mengenai jam malam tidak ada negosiasi, karena bila sudah lewat pukul 21.00 lebih banyak mudharatnya.
– Q: Bagaimana progress Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di MIPA?
– A: Pihak fakultas sangat ingin merealisasikan, namun masih terjerat masalah dana.
– Q: Bagaimana kebijakan fakultas mengenai penggunaan styrofoam?
– A: Pihak fakultas ingin memberlakukan larangan penggunaan styrofoam, namun mahasiswa juga harus menunjukkan komitmen dan kerjasama, misalnya bantu memberikan sosialisasi dan penjelasan ke pedagang di kawasan MIPA untuk mengganti styrofoam dengan kertas nasi, atau menghimbau mahasiswa untuk membawa wadah makanan sendiri.
– Q: Biaya pasti parkir di bagian belakang FMIPA dan lampu di sekitar MIPA yang kurang terang (terutama di halte bikun)?
– A: Untuk parkir belum bisa menjawab angkanya, tapi bisa dikoordinasikan pihak BEM dengan Pak Rohmat. Buat laporan masalah lampu agar bisa segera ditindaklanjuti.
– Q: Berapa besar anggaran keilmiahan? Dan apakah benar dana kelembagaan dikurangi?
– A: Anggaran Kemahasiswan totalnya Rp200.000.000,00 dan 25% digunakan untuk keilmiahan yang dibagi lagi menjadi dua: untuk kemahasiswaan dan kegiatan student exchange. Untuk kegiatan student exchange masih ada keluhan tentang kurangnya atau bahkan ketidakadaan dana. Lembaga dan Dekanat boleh bertemu untuk membahas anggaran, tapi laporan tahunan lembaga akan dicek ulang oleh pihak fakultas untuk menghindari adanya kegiatan yang “abal”.

Kesimpulan
– SP kemungkinan ada, dengan syarat ada dosen yang bersedia mengajar dan mahasiwa menujukkan komitmen.
– Kegiatan Konferensi Siaga akan didukung sesuai kemampuan fakultas.
– B101 tetap dapat dipinjam asal memenuhi syarat yang telah disebutkan.
– Follow-up mengenai peminjaman ruangan saat weekend ke Bu Nurmidas.
– Skala prioritas fasilitas yang akan ditangani fakultas:
a. WiFi
b. Penggunaan toilet hingga pukul 19.00
c. Lampu untuk penerangan MIPA (dengan syarat mengirim laporan terlebih dahulu).

Departemen Advokasi & Kesejahteraan Mahasiswa
BEM FMIPA UI 2016
Harmoni Memberi Arti